Pages

 

Jumat, 01 April 2011

Memblokir Situs Menggunakan File hosts

0 komentar
Cara ini sangat mudah terutama bagi anda yang tidak memiliki modem dengan fungsi Parental Control untuk memblokir situs-situs tertentu baik kategori situs dewasa, video streaming, flash hingga banner. Sebab pada hakikatnya untuk pengguna internet berbasis kuota yang sudah terpatok harga ecerannya harus pintar-pintar memaksimalkan penggunaannya tanpa direcoki oleh hal-hal yang sifatnya tidak perlu. Bahkan jikalau perlu kita hanya mengambil isi kontennya saja yang berbasis "text" sehingga kuota kita tidak tersedot habis-habisan oleh banner atau banner yang menjalankan flash video sekalipun.
Langsung saja secara sederhana saya akan menjabarkan bagaimana menggunakan file "hosts" untuk kepentingan diatas.
Sistem: MS Windows Komputer: Semua spesifikasi
  1. Buka Windows Explorer
  2. Pada kolom Address ketik: C:\WINDOWS\system32\drivers\etc
  3. Anda akan menemukan file yang bernama "hosts" (non kutip)
  4. Sebelum kelangkah berikutnya kopi file tersebut dan ubah namanya menjadi hosts.bak atau dengan extension lain yang anda suka, dan selanjutnya file ini dijadikan sebagai backup sebagai file aslinya.
  5. Buka file "hosts", kerena file ini berbasis teks jadi kita arahkan saja sang windows untuk membukanya kedalam aplikasi teks seperti notepad atau wordpad atau lainnya yg anda suka.
  6. Didalamnya tertera sebuah informasi mengenai IP serta nama Host Names.
  7. Sebagaimana kita ketahui bahwa alamat IP 127.0.0.1 merupakan standar baku alamat komputer kita.
  8. Hal ini kita perlukan untuk membelokkan alamat-alamat URL dan dikenali sebagai alamat IP komputer kita sehingga tampilannya akan menjadi error URL.
  9. Kemudian masukkanlah alamat-alamat web yang tidak anda inginkan dengan mengarahkannya kepada alamat IP komputer anda, diawali dengan membubuhkan alamat IP komputer anda contoh: 
  1. 127.0.0.1          uh-oh.com
    127.0.0.1          ad.detik.com
    127.0.0.1          adpointclick.detik.com
    127.0.0.1          ad.sg.doubleclick.net
    127.0.0.1          adelivery.id.jobsdb.com
    127.0.0.1          youtube.com
    dst
    Contoh diatas adalah bagaimana kita memblok alamat-alamat tertentu dari sebuah situs dewasa (uh-oh.com), banner di detik.com (ad.detik.com), youtube player (youtube.com) tanpa kita harus memiliki modem dengan fitur Parental Control dan kita terbebas dari banner-banner serta situs yang tidak kita inginkan yang selalu hadir di browser kita.
    Selamat mencoba...!

    Salam saya 
    Tulisan ini dicopas dari: http://opensource.telkomspeedy.com/forum/viewtopic.php?id=1276

     
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar